Selasa, 12 April 2011

Bab I PENDAHULUAN (Chapter I INTRODUCTION)

Pengertian perilaku konsumen menurut beberapa ahli:
Menurut Schiffman dan Kanuk 1994, perilaku konsumen sebagai perilaku yang diperhatikan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.
Menurut Engel Blackwell & Miniard 1993, perilaku konsumen sebagai tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti.
Menurut Loudon dan Della Bitta 1984, proses pengambilan keputusan aktivitas fisik dalam mengevaluasi memperoleh menggunakan dan menghabiskan barang atau jasa.
Menurut Winardi 1991, perilaku yang ditujukan oleh orang-orang dalam merencanakan membeli dan menggunakan barang-barang ekonomi dan jasa.
Menurut Dealton dan Meulbawer 1986, perilaku yang dikaitkan dengan preferences dan possibilities.
Maka perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat belum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal tersebut atau kemudian mengevaluasi.

Alasan mengapa perilaku konsumen dipelajari: pertama adalah kepentingan pemasaran, kedua adalah kepentingan pendidikan dan perlindungan konsumen, dan ketiga adalah perumusan kebijakan masyarakat dan undang-undang perlindungan konsumen.

Proses kebutuhan konsumen dalam membeli atau mengkonsumsi produk dan jasa akan dipengaruhi oleh tiga faktor utama yaitu kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh produsen dan lembaga lainnya, faktor perbedaan individu konsumen, dan faktor lingkungan konsumen.

Summarized by Ali Mahdi Bukhori (Majoring In Community Nutrition, College Of Human Ecology – Bogor Agricultural University, Bogor Indonesia)
Based on Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behavior: Theory and Application In Marketing)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar